Kenali Bentuk Tubuh Berdasarkan Gaya Hidup, Kamu Tipe Mana?

0
51

Dikutip dari Times of India, rupanya bentuk tubuh manusia juga dipengaruhi oleh gaya hidupnya. Berikut ini ada empat macam bentuk tubuh manusia berdasarkan akumulasi lemak yang ada di tubuhnya. Apa saja sih? Simak selengkapnya di bawah ini:Apakah semua orang memiliki bentuk tubuh yang sama? Jawabannya tentu saja tidak. Ini karena setiap orang terlahir dengan tipe dan bentuk tubuh berbeda-beda. Ada orang yang bentuk tubuhnya langsing seperti gitar, ada pula orang yang bertubuh gemuk seperti buah pir.

Mahasiswa semester akhir yang dikejar-kejar skripsi atau pekerja kantoran yang dituntut deadline pastinya akan mengalami stres yang berat. Bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan mental, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan fisik, terlebih lagi pada bentuk tubuh.


Stres memicu tubuh untuk memproduksi kortisol yakni hormon stres. Hormon tersebut dapat menurunkan otot dan membuat lemak menumpuk di bagian perut. Lemak yang ada diperut ini biasanya disebut dengan visceral fat.

Menghilangkan lemak yang mengelilingi organ perut ini cenderung sulit untuk dihilangkan. Tetapi sebagai usaha, tak ada salahnya kamu menikmati kegiatan yang menenangkan seperti meditasi atau menikmati aktivitas yang bisa meningkatkan hormon bahagiamu

Kamu termasuk pencinta gula? Sebenarnya tak ada yang salah dengan orang yang gemar makan atau minum yang manis-manis. Namun, ketika kamu makan makanan yang mengandung banyak gula, itu akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak insulin. Artinya lemak di sekitar tubuhmu, tepatnya di pinggang akan bertambah.

Untuk mengurangi lemak di lingkar pinggang, kurangi asupan makanan atau minuman tinggi gula. Cara lain, kamu bisa melakukan latihan fisik atau olahraga core toning, seperti plank and crunch.

Jika kamu mempunyai bobot tubuh berlebih di sekitar bokong dan selalu mengalami gejala PMS (pramenstruasi) yang kurang mengenakan, kemungkinan kamu memiliki kadar estrogen yang tinggi dalam tubuh.

Untuk menghilangkan lemak di bagian tersebut, kamu bisa mengontrolnya dengan mengonsumsi sayuran yang kaya akan phytochemical, seperti brokoli. Juga, lakukan squat dengan kaki menghadap ke luar.

Jika kamu membenci lemak di lengan dan merasa sulit untuk membentuk otot bisep, bisa jadi kamu memiliki kadar testosteron yang rendah dalam tubuh. Tak seperti tipe tubuh lainnya yang merupakan hasil dari kelebihan hormon, lemak di lengan justru muncul dari defisit hormon.

Untuk mengatasinya, tambahkan lebih banyak vitamin D dalam dietmu, seperti jamur. Bagi kamu yang vegetarian, pilihannya mungkin lebih sedikit, sehingga kamu dapat memilih suplemen vitamin D. Untuk olahraga, kamu bisa melakukan strength training atau latihan kekuatan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here